:::: MENU ::::

ILMU DUNIA Tidak ada Batasannya, Jangan Lupa ILMU AGAMA

  • www.maralgel.support

  • Youtube chanel Solusi PRIA masa KINI

  • Maral gel Pembesar Kelamin pria No. 1

Biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain

Caroom

Meja billiard berukuran 10 FEET ini tidak mempunya lubang dan hanya menggunakan 3 bola. Biasanya Meja ini di gunakan untuk Trickshoot atau Freestyle untuk bahasa orang awam.

 



Pool

Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.
Sebagai contoh, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard.



Sampai saat ini, tahun 2008, yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang itu pun masih terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8 dan bola 9. Dahulu di Indonesia, biliar identik dengan olahraga yang selalu dimainkan oleh para lelaki saja. Namun saat ini banyak wanita yang mulai menggemari olahraga biliar.

Berikut ini adalah daftar istilah biliar yang digunakan dalam cabang olahraga biliar atau pool dan snooker.:

Above
Dalam snooker adalah posisi cue ball di atas object ball.

Back cut
Sebuah cut shot di mana bila sebuah garis ditarik dari cue ball ke rail secara siku-siku, object ball berada di luar garis itu.

Carom
Carom mulai digunakan di tahun 1860-an dan merupakan singkatan dari carambola, yaitu bola merah yang digunakan dalam banyak permainan biliar.

the "D"
Sebuah setengah lingkaran dengan jari-jari 11-1/2″, ditarik di belakang baulk line, berpusat di tengah garis itu, dan menyerupai bentuk huruf "D".

Extension
Alat mekanis untuk mencapai cue ball, biasanya ditambahkan di ujung butt. Extension digunakan dalam pool, namun lebih sering dalam snooker karena ukuran meja yang lebih besar.

Follow shot
Tembakan di mana cue ball dikenai di atas equator dengan topspin yang menyebabkan bola itu masih maju setelah menyentuh object ball.

Game ball
Bola yang diperlukan untuk memenangkan sebuah rack. Dalam snooker disebut frame ball.

Half-century
Dalam snooker, sebuah break dengan angka 50–99 (100 angka atau lebih disebut century).

Inning
Giliran seorang pemain, biasanya diakhiri dengan kegagalan memasukkan bola, sebuah foul, sebuah safety, atau kemenangan.

Jack up
Menaikkan ujung belakang cue dalam sebuah shot.

Kill shot
Tembakan yang dimaksudkan untuk "membunuh" kecepatan cue ball sebanyak mungkin setelah menyentuh object ball.

Leave
Posisi cue ball setelah sebuah tembakan.

Mechanical bridge
Sebuah batang khusus yang membantu mengarahkan cue stick. Biasanya hanya digunakan bila tembakan tidak dapat dicapai dengan hand bridge.

Natural
Dalam pocket billiard, tembakan mudah yang tidak memerlukan english atau topspin.

On the hill
Pemain yang hanya perlu memenangkan satu pertandingan lagi untuk menang.

Package
Permainan berturut-turut yang dimenangkan tanpa memberi kesempatan lawan bermain.

Rat in
Memasukkan bola dengan keberuntungan.

Sandbag
Bermain dengan menyembunyikan kemampuan sendiri, misalnya menggunakan lemonade stroke, secara sengaja kalah. Digunakan dalam hustling.

Tangent line
Garis khayal tegak lurus dari impact line antara cue ball dan object ball. Cue ball akan bergerak menurut garis ini setelah menyentuh object ball bila tidak diberi vertical spin.

Undercut
Menembak cue ball dengan cut angle terlalu kecil.

Wired
Bila dua bola hampir frozen dan terletak di dekat sebuah lubang sehingga bila salah satu disentuh maka bola kedua akan masuk tanpa kesulitan.

Yellow pocket
Dalam snooker, pocket yang paling dekat dengan yellow spot.

Meja Billiard
Meja saku, secara khusus digunakan untuk berbagai permainan seperti delapan bola , sembilan bola ,. Sesuai namanya, meja bilyar ini memiliki saku, Terdiri dari satu di setiap sudut meja ( kantong pojok ) dan satu pada titik tengah masing-masing sisi panjang ( kantong samping ).

Dimensi
Meja biliar terdapat 3 ukuran yang berbeda, biasanya disebut sebagai tabel 9-kaki, 8-kaki, atau 7-kaki Dalam semua kasus, permukaan bermain (dimensi antara hidung bantal) adalah empat persegi panjang dengan rasio 2:1
Untuk kaki meja 9, permukaan bermain ukuran 100 inci sebesar 50 inci (254 cm x 127 cm) dengan 1 / 8 inci (3,175 mm) margin of error untuk dimensi baik..
Untuk kaki meja 8, permukaan bermain ukuran 92 inci sebesar 46 inci (233,68 cm x 116,84 cm), lagi dengan 1/8th dari satu inci margin kesalahan untuk dimensi baik. Ini adalah dua ukuran yang berwenang untuk bermain turnamen oleh World Pool-Billiard Association (WPA). [6]
Permukaan bermain untuk kaki meja 7 adalah 76 inci dengan 38 inci (193,04 cm x 96,52 cm)

Yang paling populer di tempat permainan billiard adalah permainan bola 9

berikut ini adalah peraturan permainan bola 9 yang sering digunakan untuk pertandingan skala internasional.

1. Bola yang digunakan.
Bola yang digunakan adalah bola billiard (masak bola basket sih???) yang bernomor 1 s.d 9 ditambah bola berwarna putih yang digunakan sebagai cue ball.

2. Susunan bola pada saat break
Bola bernomor 1 s.d 9 disusun berbentuk wajik (diamond). Posisi bola bernomor 1 di bagian atas wajik, sedangkan bola bernomor 9 diletakkan di tengah-tengah susunan bola.

3. Tujuan permainan.
Pemain diharapkan untuk memasukkan bola secara berturut-turut dari angka 1 s.d angka 9.

4. Memasukkan bola.
Memasukkan bola dapat dilakukan secara langsung, yaitu dengan memukul bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja, atau dengan mengkombinasikan bola sasaran dengan bola lain yang sekiranya dapat masuk ke dalam kantung meja.

5. Pelanggaran.
Pemain dinyatakan melakukan pelanggaran apabila:

* Bola yang dipukul bukan merupakan bola bernomor paling kecil yang ada di atas meja.
* Bola putih atau bola berwarna melompat dan keluar dari meja permainan.
* Bola putih masuk ke dalam kantung meja.
* Bagian tubuh maupun pakaian pemain menyentuh bola yang ada didalam meja permainan.
* Bola putih tidak menyentuh bola sasaran saat dipukul.
* Saat bola sasaran dipukul, tidak menyentuh ban (cushion) maupun menyentuh bola bernomor lainnya.

6. Ketentuan setelah pelanggaran.

* Dalam hal bola putih masuk kedalam kantong meja, pemain berikutnya memiliki kesempatan untuk meletakkan bola putih dimana saja di dalam meja permainan.
* Apabila bola bernomor keluar dari meja, maupun masuk kedalam kantong karena pelanggaran, maka bola tersebut tidak dikembalikan ke atas meja pada titik Foot Spot. Apabila ada bola lain yang berada pada titik Foot Spot, maka bola bernomor 9 ditempatkan pada Long String terdekat dengan titik Foot Spot.Bola bernomor 9 dikembalikan ke atas meja apapun alasannya, kecuali bola tersebut dimasukkan kedalam kantong meja secara sah.

7. Push Out
Apabila setelah lawan melakukan break dan ternyata tidak ada bola bernomor yang masuk, dan bola putih terhalang oleh bola lain sehingga bola sasaran tidak bisa dipukul, maka lawan dapat melakukan Push Out.

8. Ketentuan Push Out

* Push Out hanya dilakukan 1 kali dalam permainan, yaitu setelah lawan melakukan Dry Break.
* Sebelum melakukan Push Out, pemain harus memberitahukannya kepada lawan maupun wasit. Apabila pemain tidak memberitahukan kepada lawan maupun wasit, maka pukulan yang dilakukan dianggap pelanggaran.
* Dalam melakukan Push Out, bola putih tidak diharuskan mengenai bola lain maupun ban (cushion).
* Setelah Push Out dilakukan, pemain lawan dapat memilih, apakah pemain akan melakukan pukulan atau memberikan kembali pukulan tersebut kepada lawan.

9. Pemenang
Pemain dinyatakan menang, apabila:

* Bola bernomor 9 dimasukkan ke dalam kantung meja secara sah.
* Pemain lawan melakukan pelanggaran 3 kali berturut-turut







0 komentar:

Sponsor Maral gel SupportContact WhatsAPP